Ilmu Budaya Dasar

NAMA  : ANNISA MELINDA K
NPM     :10218940
KELAS:1E120
BAB 1 TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR
A.   PENDAHULUAN
        Mata kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai nilai,kebudayaan,berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam hidup nya sehari hari. Diharapkan agar mata kuliah ini dapat menjadi semacam “lingua franca”bagi para akademi dari berbagai lapangan ilmiah.
        Dengan mendapat mata kuliah Ilmu Budaya Dasar mahasiswa diharapkan nantinya memiliki latar pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia,Jadi secara singkat dapat dikatakan bahwa setelah mendapat mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memperlihatkan :
1. Minat dan Kebiasaan menyelidiki apa-apa yang terjadi di sekitarnya dan diliar lingkungan nya,menelaah apa yang dikerjakannya sendiri dan mengapa
2. Keasadaran akan pola pola nilai nilai yang dianutnya serta bagaimana hubungan nilai nilai ini dengan cara hidupnya sehari-hari.
3. Kerelaan memikirkan kembali dengan hati terbuka nilai nilai yang dianutnya apakah dia sendiri berdiri sendiri dapat membenarkan nilai nilai tersebut untuk dirinya sendiri.
4. Keberanian moral untuk mempertahankan nilai-nilai yang dirasanya sudah dapat diterimanya dengan penuh tanggung jawab dan sebaliknya menolak nilai-nilai yang tidak dapat dibenarkan.
Latar belakang IBD dalam konteks ilmu budaya, negara dan  masyarakat indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut :
1.    Kenyataan bahwa bangsa indonesia terdiosri atas suku bngsa dengan keanekaragaman budaya
2.    Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknoogi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia

B.   ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI BAGIAN DARI MATA KULIAH DASAR UMUM
         Ilmu budaya dasar merupakan salah satu komponen dari sejumlah mata kuliah dasar umum (MKDU). Ilmu Budaya Dasar merupakan mata kuliah wajib di semua perguruan tinggi.Baik yang sifatnya eksakta maupun non eksakta.
Secara khusus MKDU bertujuan untuk menghasilkan warga sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut :
1.    Berjiwa pancasila dan memiliki kepribadian yang tinggi
2.    Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
3.    Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat
Jadi pendidikan umum yang menitikberatkan pada usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa berbeda dengan mata kuliah-kuliah bantu.

C.   PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR
        Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian tentang konsep-konsep yang dikembangkan asar
        Ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya,melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.
 Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu pengetahuan dasar dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :
1.    Ilmu Ilmu Alamiah (natural science)
Bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat didalam alam semesta,salah satu kelompok ilmu-ilmu alamiah antara lain ialah astronomi,fisika,biologi,kedokteran,mekanika.

2.    Ilmu-Ilmu Sosial (social science)
Bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan-hubungan antar manusia,Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu sosialn antara lain ilmu ekonomi,ilmu psikologi,antropologi sosial,sosiologi hukum,dsb.

3.    Pengetahuan budaya (the humanities)
Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kebudayaan-kenyataan yang bersifat manusiawi.

D.   TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
Tujuan Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat :
1.    Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya,sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.
2.    Membetri kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut
3.    Mengusahakan agar mahasiswa,sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing.
4.    Mengusahakan wahana komunikasi pada akademi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.

E.   RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR
     Hakekat manusia yang satu atau universal,akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
     Manusia tidak sebagai objek,akan tetapi sebagai objek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam,bagaimana hubungan manusia dengan sesama manusia, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan manusia dangan Tuhan menjadi tema sentral dalam Ilmu Budaya Dasar.

Pokok bahasan yang ingin dikembangkan adalah:
-       Manusia dan cinta kasih           -  Manusia dan pandangan hidup
-       Manusia dan keindahan           -  Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
-       Manusia dan penderitaan         -  Manusia dan kegelisahan
-       Manusia dan keadilan               -  Manusia dan harapan
               Kedelapan pokok itu termasuk dalam karya-karya yang tercakup dalam pengetahuan budaya. Perwujudan mengenai cinta








                                         BAB 2 MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


A.MANUSIA
             Dalam ilmu eksakta,manusia dipandang sebagai kumpulan partikel-partikel atom yang membentuk jaringan-jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia (ilmu kimia).
           Ada dua pandangan yang akan kita jadikan acuan untuk menjelaskan tentang unsur-unsur yang membangun manusia 
1)    Manusia itu terdiri dari empat unsur yang saling terkait,yaitu
1.      Jasad,
2.      Hayat
3.      Ruh
4.      Nafs
2)      Manusia sebagai satu kepribadian mengandung tiga unsur,yaitu
a.    Id,merupakan struktur kepribadia yang paling sensitif dan paling tidak nampak
b.    Ego,seringkali disebut kepribadian “eksekutif”
c.    Superego,merupakan kesatuan standar-standar moral yang diterima oleh ego dari sejumlah agen yang mempunyai otoritas didalam lingkungan diri
B.HAKEKAT MANUSIA
 A.Mahkluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan utuh
 B.Mahkluk ciptaan tuhan yang paling sempurna,jika dibandingkan dengan mahkluk lainnya
            rohani adalah perasaan luhur yang terdapat pada manusia,misalnya:
11.    Perasaan Perasaan intelektual,yaitu perasaan yang berkenaan dengan pengetahuan
22.    Perasaan estetis,yaitu perasaan yang berkenaan dengan keindahan
33.    Perasaan etis,yaitu perasaan yang berkenaan dengan kebaikan
44.    Perasaan diri,yaitu perasaan yang berkenaan dengan harga diri karena ada kelebihan dari orang lain
55.    Perasaan sosial,yaitu perasaan yang berkenaan dengan kelompok atau korp atau hidup masyarakat
66.    Perasaan religius,yaitu perasaan yang berkenaan dengan agama atau kepercayaan
C.Mahkluk biokultural,yaitu mahkluk hayati yang budayawi
D.Mahkluk ciptaan tuhan yang terikat dengan ekologi,mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya
C. KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR
D.PENGERTIAN KEBUDAYAAN
           Seorang antropolog yaitu E.B Tylor (1871) mendefinisikan kebudayaan sebagai berikut :
 Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan,kepercayaan,kesenian,moral,hukum,adat istiadat dan kemampuan kemampuan lain serta kebiasaan kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
  Secara praktis bahwa kebudayaan merupakan sistem nilai,dan gagasan utama (vital)
Sistem nilai dan gagasan utama itu dihayati benar benar oleh para pendukung kebudayaan yang bersangkutan dalam kurun waktu tertentu,dalam arti mengarahkan tingkah laku mereka dalam kemasyarakatan nya.
Sistem ideologi meliputi etika,norma,adat istiadat,peraturan hukum yang berfungsi sebagai pengarahan untuk sistem sosial dan berupa interpretasi operasional dari sistem nilai dan gagasan utama yang berlaku dalam masyarakat.
Sistem sosial meliputi hubungan dan kegiatan sosial didalam masyarakat,baik yang terjalin didalam lingkungan kerabat,maupun yang terjadi dengan masyarakat lebih luas serta pemimpin pemimpin nya.
Sistem teknologi meliputi segala perhatian serta penggunaan nya,sesuai dengan nilai budaya yang berlaku.Dalam kebudayaan yang terutama agraris.
E.UNSUR  UNSUR KEBUDAYAAN
Kebudayaan disini lebih mengandung makna  totalitas daripada sekedar  penjumlahan unsur unsur yang terdapat didalam nya.
Bronislaw malinoski mengatakan bahwa unsur unsur itu terdiri dari sistem norma,organisasii ekonomi,alat alat atau lembaga ataupun petugas pendidikan,dan organisasi kekuatan.
C.Kluckhohn mengemukakan bahwa ada 7 unsur kebudayaan universal,yaitu:
1. Sistem religi(sistem kepercayaan)
2.Sistem organisasi kemasyarakatan
3.Sistem pengetahuan
4.Sistem mata pencaharian hidup dan sistem sistem ekonomi
5.Sistem teknologi dan peralatan
6.Bahasa
7.Kesenian
F.WUJUD KEBUDAYAAN
Menurut dimensi wujudnya kebudayaan mempunyai tiga wujud,yaitu
1a.    Kompleks gagasan,konsep,dan pikiran manusia
2b.    Kompleks aktivitas,berupa wujud manusia yang saling berinteraksi,bersifat konkret,dapat diamati atau di observasi
cc.    Wujud sebagai benda

Ketiga wujud dari kebudayaan tadi,dalam kenyataan kehidupan masyarakat tak terpisah satu sama lain.Kebudayaan ideal dan adat istiadat mengatur dan memberi arah kepada tindakan tindakan dan karya manusia.
G.ORIENTASI NILAI BUDAYA
Kebudayaan  sebagai karya manusia memiliki sistem nilai ,secara universal menyangkut 5 masalah pokok kehidupan manusia,yaitu
11.    Hakekat hidup manusia(MH)
22.    Hakekat ,karya manusia (MK)
33.    Hakekat waktu manusia(WM)
44.    Hakekat alam manusia (MA)
55.    Hakekat hubungan manusia(MN)

H.PERUBAHAN KEBUDAYAAN
Tidak ada kebudayaan yang statis,semua kebudayaan mempunytai dinamika dan gerak
Terjadinya gerak atau perubahan kebudayaan ini disebabkan oleh beberapa hal:
1.Sebab sebab yang befrasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri
2.Sebab sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup
         Perubahan kebudayaan ialah perubahan yang terjadi dalam sistem ide yang dimiliki bersama oleh para warga masyarakat atau sejumlah warga masyarakat yang bersangkutan,antara lain atutran-aturan,norma-norma yang digunakan sebagai pegangan dalam kehidupan,juga teknologi,selera,rasa keindahan,kesenian,dan bahasa.
Beberapa masalah yang menyangkut proses akulturasi adalah:
A.    Unsur unsur kebudayaan asing manakah yang mudah diterima
B.    Unsur unsur kebuayaan asing manakah yang mudah diterima
C.   Individu-individu manakah yang cepat menerima unsur unsur baru
D.   Ketegangan ketegangan apakah yang timbul sebagai akibat akulturasi tersebut
Proses akulturasi yang berjalan dengan baik dapat menghasilkan integrasi antara unsur unsur kebudayaan asing dengan unsur unsur kebudayaan sendiri.

I.KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Secara sederhana hubungan manusia dengan kebudayaan adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan,dan kebudayaan merupakan objek yang dilaksanakan manusia,tetapi apakah sesederhana itu hubungan keduanya?
Dari sisi lain hubungan antara manusia dan kebudayaan itu dapat dipandang setara dengan hubungan manusia dengan masyarakat dinyatakan sebagai dialektis ,maksudnya saling terkait satu sama lain,proses dialektis ini tercipta melalui tiga tahap,yaitu:
11.    Eksternalisasi,proses manusia membangun dirinya dengan dunianya
22.    Obyektivasi,proses dimana masyarakayt menjadi nrealitas objektif
33.    Internalisasi,proses dimana masyarakat disergap kembali oleh manusia
Apabila manusia melupakan bahwa masyarakat adalah ciptaan manusia,dia akan menjadi terasing.

Manusia dan kebudayaan,atau manusia dan masyarakat,oleh karena itu mempunyai hubungan keterkaitan yang erat satu sama lain.










BAB 3 KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN

A.PENDEKATAN KESUSASTRAAN
        IBD yang semula dinamakan Basic Humanities,berasal dari bahasa inggris the humanities ,yang berarti manusiawi,berbudaya dan halus.Jadi the humanities berkaitan dengan masalah nila,yaitu nilai kita sebagai homo humanus.
        Untuk menjadi homo humanus,manusia harus mempelajari ilmu,yaitu the humanities.Hampir setiap jaman ,seni termasuk sastra memegang peranan yang penting dalam the humanities.ini terjadi karena seni merupakan ekspresi nilai nilai kemanusiaan dan bukannya formulasi nilai nilai kemanusiaan yang terdapat dalam filsafat dan agama.
        IBD adalah mata kuliah yang diberikan dalam satu semester,sebagai bagian dari MKDU.IBD tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya,akan tetapi IBD semata semata sebagai salah satuusaha mengembangkan kepribadian mahasiswadengan cara memperluas ilmu wawasan pemikiran serta kritikannya terhadap nilai nilai budaya.
        Orientasi the humanitiez adalah ilmu :dengan mempelajari satu atau sebagian dari disiplin ilmu yang tercakup dalam the humanitiez ,mahasiswa diharapkan dapat menjadi homo humanus yang lebih baik.
B.ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PROSA
        Dalam kesastraan indonesia kita mengenal prosa lama dan prosa baru.
A.Prosa lama dapat meliputi
1. Dongeng dongeng
2. Hikayat
3. Sejarah
4. Epose
5. Cerita pelipur lara
B.Prosa baru meliputi
1. Cerita pendek
2. Novel
3. Biografi
4. Kisah
5. Otobiografi
C.NILAI NILAI DALAM PROSA FIKSI
 Adapun nilai nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra antara lain:
1. Prosa fiksi memberikan kesenangan
        Keistimewaan kesenangan yang diperoleh dari membaca fiksi adalah pembaca mendapatkan pengalaman sebagaimana mengalaminya sendiri peristiwa itu peristiwa atau kejadian yang disahkan.
2. Prosa fiksi memberikan Informasi
         Fiksi memberikan sejenis informasi yang tidak terdapat didalam ensiklopedi.
3 .Prosa fiksi memberikan warisan kulutural
        Prosa fiksi dapat menstimuli imaginasi,dan merupakan sarana bagi pemindahan yang tak henti hentinya dari warisan budaya bangsa.
4.Prosa memberikan keseimbangan wawasan
        Lewat prosa seseorang dapat menilai kehidupoan berdasarkan pengalaman pengalaman dengan banyak individu.Fiksi juga memungkinkan lebih banyak kesempatan untuk memilih respon respon emosional atau rangsangan aksi yang sangat berbeda daripada apa yang disajikan dalam kehidupan sendiri.
D.ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PUISI
        Puisi termasuk Seni Sastra,sedangkan sastra bagian dari kesenian,dan kesenian cabang/unsur dari kebudayaan.
ipenyair dalam membangun puisinya dengan menggunakan:
1.Figura bahasa,seperti gaya personifikasi,metafora,perbandingan,alegori,dsb sehingga menjadi puisi segar,hidup,menarik dan memberi kejelasan gambaran angan.
2.Kata kata yang menjadi ambiquitas yaitu kata kata yang bermakna ganda,banyak tafsir.
3.Kata kata yang berjiwa,yaitu kata kata yang sudah diberi suasana tertentu.
4.Kata kata yang konitatif
5.Pengulangan yang berfungsi untuk mengintenfisikan hal hal yang dilukiskan,sehingga lebih mengunggah hati
        Adapun alasan alasan yang mendasari penyjian puisi pada perkuliahan ilmu budaya dasar adalah sbb:
1.Hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia
2.Puisi dan keisyafan/kesadaran individual
3.Puisi dan keinsyafan sosial.
SOAL:
1.Bagaimana budaya seorang mahasiswa/i yang baik menurut kalian?
   jawab: menurut saya budaya mahasiswa/i yang baik yaitu,mahasiswa/i yang mengikuti perkembangan zaman tetapi tidak melupakan budaya budaya di negeri indonesia.
2.Bagaimana seorang mahasiswa/i menanggapi datangnya budaya dari barat?
   jawab: kalau saya pribadi sebagai seorang mahasiswi  saya menerima menerima saja budaya dari barat,tetapi saya saring atau jika ada budaya dari barat yang negatif saya akan jauh jauh dari ke negatif an dan menerima yang berbau positif nya saja 

Komentar