Ilmu Budaya Dasar
NAMA : ANNISA
MELINDA K
NPM :10218940
KELAS:1E120
NPM :10218940
KELAS:1E120
BAB 1
TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR
A. PENDAHULUAN
Mata kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah
salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai
nilai,kebudayaan,berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam hidup nya
sehari hari. Diharapkan agar mata kuliah ini dapat menjadi semacam “lingua
franca”bagi para akademi dari berbagai lapangan ilmiah.
Dengan mendapat mata kuliah Ilmu Budaya
Dasar mahasiswa diharapkan nantinya memiliki latar pengetahuan yang cukup luas
tentang kebudayaan Indonesia,Jadi secara singkat dapat dikatakan bahwa setelah
mendapat mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memperlihatkan :
1. Minat dan
Kebiasaan menyelidiki apa-apa yang terjadi di sekitarnya dan diliar lingkungan
nya,menelaah apa yang dikerjakannya sendiri dan mengapa
2. Keasadaran
akan pola pola nilai nilai yang dianutnya serta bagaimana hubungan nilai nilai
ini dengan cara hidupnya sehari-hari.
3. Kerelaan
memikirkan kembali dengan hati terbuka nilai nilai yang dianutnya apakah dia sendiri
berdiri sendiri dapat membenarkan nilai nilai tersebut untuk dirinya sendiri.
4. Keberanian
moral untuk mempertahankan nilai-nilai yang dirasanya sudah dapat diterimanya
dengan penuh tanggung jawab dan sebaliknya menolak nilai-nilai yang tidak dapat
dibenarkan.
Latar
belakang IBD dalam konteks ilmu budaya, negara dan masyarakat indonesia berkaitan dengan
permasalahan sebagai berikut :
1.
Kenyataan
bahwa bangsa indonesia terdiosri atas suku bngsa dengan keanekaragaman budaya
2.
Kemajuan
ilmu pengetahuan dan teknoogi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia
B. ILMU
BUDAYA DASAR SEBAGAI BAGIAN DARI MATA KULIAH DASAR UMUM
Ilmu budaya dasar merupakan salah satu
komponen dari sejumlah mata kuliah dasar umum (MKDU). Ilmu Budaya Dasar
merupakan mata kuliah wajib di semua perguruan tinggi.Baik yang sifatnya
eksakta maupun non eksakta.
Secara khusus
MKDU bertujuan untuk menghasilkan warga sarjana yang berkualifikasi sebagai
berikut :
1.
Berjiwa
pancasila dan memiliki kepribadian yang tinggi
2.
Takwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa
3.
Memiliki
wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat
Jadi pendidikan umum yang
menitikberatkan pada usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa berbeda
dengan mata kuliah-kuliah bantu.
C. PENGERTIAN
ILMU BUDAYA DASAR
Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan
yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian tentang
konsep-konsep yang dikembangkan asar
Ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang
budaya,melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang
konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan
budaya.
Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa
ilmu pengetahuan dasar dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :
1.
Ilmu
Ilmu Alamiah (natural science)
Bertujuan untuk mengetahui
keteraturan-keteraturan yang terdapat didalam alam semesta,salah satu kelompok
ilmu-ilmu alamiah antara lain ialah astronomi,fisika,biologi,kedokteran,mekanika.
2.
Ilmu-Ilmu
Sosial (social science)
Bertujuan untuk mengkaji
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan-hubungan antar
manusia,Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu sosialn antara lain ilmu ekonomi,ilmu
psikologi,antropologi sosial,sosiologi hukum,dsb.
3.
Pengetahuan
budaya (the humanities)
Pengetahuan budaya
bertujuan untuk memahami dan mencari arti kebudayaan-kenyataan yang bersifat
manusiawi.
D. TUJUAN
ILMU BUDAYA DASAR
Tujuan
Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat :
1.
Mengusahakan
penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya,sehingga mereka lebih
mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.
2.
Membetri
kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah
kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap
persoalan persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut
3.
Mengusahakan
agar mahasiswa,sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang
disiplin masing-masing.
4.
Mengusahakan
wahana komunikasi pada akademi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama
lain.
E. RUANG
LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR
Hakekat manusia yang satu atau
universal,akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan
masing-masing jaman dan tempat.
Manusia tidak sebagai objek,akan tetapi
sebagai objek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam,bagaimana
hubungan manusia dengan sesama manusia, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia
dan bagaimana pula hubungan manusia dangan Tuhan menjadi tema sentral dalam
Ilmu Budaya Dasar.
Pokok
bahasan yang ingin dikembangkan adalah:
-
Manusia
dan cinta kasih - Manusia dan pandangan hidup
-
Manusia
dan keindahan - Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
-
Manusia
dan penderitaan - Manusia dan kegelisahan
-
Manusia
dan keadilan - Manusia
dan harapan
Kedelapan pokok itu termasuk
dalam karya-karya yang tercakup dalam pengetahuan budaya. Perwujudan mengenai
cinta
BAB 2
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
A.MANUSIA
Dalam ilmu eksakta,manusia dipandang
sebagai kumpulan partikel-partikel atom yang membentuk jaringan-jaringan sistem
yang dimiliki oleh manusia (ilmu kimia).
Ada dua pandangan yang akan kita
jadikan acuan untuk menjelaskan tentang unsur-unsur yang membangun manusia
1)
Manusia
itu terdiri dari empat unsur yang saling terkait,yaitu
1. Jasad,
2. Hayat
3. Ruh
4. Nafs
2) Manusia sebagai satu kepribadian
mengandung tiga unsur,yaitu
a.
Id,merupakan
struktur kepribadia yang paling sensitif dan paling tidak nampak
b.
Ego,seringkali
disebut kepribadian “eksekutif”
c.
Superego,merupakan
kesatuan standar-standar moral yang diterima oleh ego dari sejumlah agen yang
mempunyai otoritas didalam lingkungan diri
B.HAKEKAT MANUSIA
A.Mahkluk
ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan utuh
B.Mahkluk
ciptaan tuhan yang paling sempurna,jika dibandingkan dengan mahkluk lainnya
rohani adalah perasaan luhur yang
terdapat pada manusia,misalnya:
11.
Perasaan
Perasaan intelektual,yaitu perasaan yang berkenaan dengan pengetahuan
22.
Perasaan
estetis,yaitu perasaan yang berkenaan dengan keindahan
33.
Perasaan
etis,yaitu perasaan yang berkenaan dengan kebaikan
44.
Perasaan
diri,yaitu perasaan yang berkenaan dengan harga diri karena ada kelebihan dari
orang lain
55.
Perasaan
sosial,yaitu perasaan yang berkenaan dengan kelompok atau korp atau hidup
masyarakat
66.
Perasaan
religius,yaitu perasaan yang berkenaan dengan agama atau kepercayaan
C.Mahkluk biokultural,yaitu mahkluk hayati yang
budayawi
D.Mahkluk ciptaan tuhan yang terikat dengan
ekologi,mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya
C. KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR
D.PENGERTIAN KEBUDAYAAN
Seorang antropolog yaitu E.B Tylor
(1871) mendefinisikan kebudayaan sebagai berikut :
Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan,kepercayaan,kesenian,moral,hukum,adat
istiadat dan kemampuan kemampuan lain serta kebiasaan kebiasaan yang didapatkan
oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
Secara
praktis bahwa kebudayaan merupakan sistem nilai,dan gagasan utama (vital)
Sistem nilai
dan gagasan utama itu dihayati benar benar oleh para pendukung kebudayaan yang
bersangkutan dalam kurun waktu tertentu,dalam arti mengarahkan tingkah laku
mereka dalam kemasyarakatan nya.
Sistem
ideologi meliputi etika,norma,adat istiadat,peraturan hukum yang berfungsi
sebagai pengarahan untuk sistem sosial dan berupa interpretasi operasional dari
sistem nilai dan gagasan utama yang berlaku dalam masyarakat.
Sistem sosial
meliputi hubungan dan kegiatan sosial didalam masyarakat,baik yang terjalin
didalam lingkungan kerabat,maupun yang terjadi dengan masyarakat lebih luas
serta pemimpin pemimpin nya.
Sistem
teknologi meliputi segala perhatian serta penggunaan nya,sesuai dengan nilai
budaya yang berlaku.Dalam kebudayaan yang terutama agraris.
E.UNSUR UNSUR KEBUDAYAAN
Kebudayaan
disini lebih mengandung makna totalitas
daripada sekedar penjumlahan unsur unsur
yang terdapat didalam nya.
Bronislaw
malinoski mengatakan bahwa unsur unsur itu terdiri dari sistem
norma,organisasii ekonomi,alat alat atau lembaga ataupun petugas pendidikan,dan
organisasi kekuatan.
C.Kluckhohn
mengemukakan bahwa ada 7 unsur kebudayaan universal,yaitu:
1. Sistem
religi(sistem kepercayaan)
2.Sistem
organisasi kemasyarakatan
3.Sistem
pengetahuan
4.Sistem mata
pencaharian hidup dan sistem sistem ekonomi
5.Sistem
teknologi dan peralatan
6.Bahasa
7.Kesenian
F.WUJUD KEBUDAYAAN
Menurut
dimensi wujudnya kebudayaan mempunyai tiga wujud,yaitu
1a.
Kompleks
gagasan,konsep,dan pikiran manusia
2b.
Kompleks
aktivitas,berupa wujud manusia yang saling berinteraksi,bersifat konkret,dapat
diamati atau di observasi
cc.
Wujud
sebagai benda
Ketiga
wujud dari kebudayaan tadi,dalam kenyataan kehidupan masyarakat tak terpisah
satu sama lain.Kebudayaan ideal dan adat istiadat mengatur dan memberi arah
kepada tindakan tindakan dan karya manusia.
G.ORIENTASI NILAI BUDAYA
Kebudayaan sebagai karya manusia memiliki sistem nilai
,secara universal menyangkut 5 masalah pokok kehidupan manusia,yaitu
11.
Hakekat
hidup manusia(MH)
22.
Hakekat
,karya manusia (MK)
33.
Hakekat
waktu manusia(WM)
44.
Hakekat
alam manusia (MA)
55.
Hakekat
hubungan manusia(MN)
H.PERUBAHAN KEBUDAYAAN
Tidak ada
kebudayaan yang statis,semua kebudayaan mempunytai dinamika dan gerak
Terjadinya
gerak atau perubahan kebudayaan ini disebabkan oleh beberapa hal:
1.Sebab sebab
yang befrasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri
2.Sebab sebab
perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup
Perubahan kebudayaan ialah perubahan
yang terjadi dalam sistem ide yang dimiliki bersama oleh para warga masyarakat
atau sejumlah warga masyarakat yang bersangkutan,antara lain
atutran-aturan,norma-norma yang digunakan sebagai pegangan dalam kehidupan,juga
teknologi,selera,rasa keindahan,kesenian,dan bahasa.
Beberapa
masalah yang menyangkut proses akulturasi adalah:
A.
Unsur
unsur kebudayaan asing manakah yang mudah diterima
B.
Unsur
unsur kebuayaan asing manakah yang mudah diterima
C.
Individu-individu
manakah yang cepat menerima unsur unsur baru
D.
Ketegangan
ketegangan apakah yang timbul sebagai akibat akulturasi tersebut
Proses
akulturasi yang berjalan dengan baik dapat menghasilkan integrasi antara unsur
unsur kebudayaan asing dengan unsur unsur kebudayaan sendiri.
I.KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Secara
sederhana hubungan manusia dengan kebudayaan adalah manusia sebagai perilaku
kebudayaan,dan kebudayaan merupakan objek yang dilaksanakan manusia,tetapi
apakah sesederhana itu hubungan keduanya?
Dari sisi lain
hubungan antara manusia dan kebudayaan itu dapat dipandang setara dengan
hubungan manusia dengan masyarakat dinyatakan sebagai dialektis ,maksudnya
saling terkait satu sama lain,proses dialektis ini tercipta melalui tiga
tahap,yaitu:
11.
Eksternalisasi,proses
manusia membangun dirinya dengan dunianya
22.
Obyektivasi,proses
dimana masyarakayt menjadi nrealitas objektif
33.
Internalisasi,proses
dimana masyarakat disergap kembali oleh manusia
Apabila
manusia melupakan bahwa masyarakat adalah ciptaan manusia,dia akan menjadi
terasing.
Manusia
dan kebudayaan,atau manusia dan masyarakat,oleh karena itu mempunyai hubungan
keterkaitan yang erat satu sama lain.
BAB 3
KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN
A.PENDEKATAN KESUSASTRAAN
IBD yang semula dinamakan Basic
Humanities,berasal dari bahasa inggris the humanities ,yang berarti
manusiawi,berbudaya dan halus.Jadi the humanities berkaitan dengan masalah
nila,yaitu nilai kita sebagai homo humanus.
Untuk menjadi homo humanus,manusia harus
mempelajari ilmu,yaitu the humanities.Hampir setiap jaman ,seni termasuk sastra
memegang peranan yang penting dalam the humanities.ini terjadi karena seni
merupakan ekspresi nilai nilai kemanusiaan dan bukannya formulasi nilai nilai
kemanusiaan yang terdapat dalam filsafat dan agama.
IBD adalah mata kuliah yang diberikan
dalam satu semester,sebagai bagian dari MKDU.IBD tidak dimaksudkan untuk
mendidik ahli ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam
pengetahuan budaya,akan tetapi IBD semata semata sebagai salah satuusaha
mengembangkan kepribadian mahasiswadengan cara memperluas ilmu wawasan
pemikiran serta kritikannya terhadap nilai nilai budaya.
Orientasi the humanitiez adalah ilmu
:dengan mempelajari satu atau sebagian dari disiplin ilmu yang tercakup dalam
the humanitiez ,mahasiswa diharapkan dapat menjadi homo humanus yang lebih
baik.
B.ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PROSA
Dalam kesastraan indonesia kita
mengenal prosa lama dan prosa baru.
A.Prosa lama
dapat meliputi
1. Dongeng dongeng
2. Hikayat
3. Sejarah
4. Epose
5. Cerita pelipur lara
1. Dongeng dongeng
2. Hikayat
3. Sejarah
4. Epose
5. Cerita pelipur lara
B.Prosa baru
meliputi
1. Cerita pendek
2. Novel
3. Biografi
4. Kisah
5. Otobiografi
1. Cerita pendek
2. Novel
3. Biografi
4. Kisah
5. Otobiografi
C.NILAI NILAI DALAM PROSA FIKSI
Adapun nilai nilai yang diperoleh pembaca
lewat sastra antara lain:
1. Prosa
fiksi memberikan kesenangan
Keistimewaan kesenangan yang diperoleh dari membaca fiksi adalah pembaca mendapatkan pengalaman sebagaimana mengalaminya sendiri peristiwa itu peristiwa atau kejadian yang disahkan.
Keistimewaan kesenangan yang diperoleh dari membaca fiksi adalah pembaca mendapatkan pengalaman sebagaimana mengalaminya sendiri peristiwa itu peristiwa atau kejadian yang disahkan.
2. Prosa fiksi
memberikan Informasi
Fiksi memberikan sejenis informasi yang tidak terdapat didalam ensiklopedi.
Fiksi memberikan sejenis informasi yang tidak terdapat didalam ensiklopedi.
3 .Prosa
fiksi memberikan warisan kulutural
Prosa fiksi dapat menstimuli imaginasi,dan merupakan sarana bagi pemindahan yang tak henti hentinya dari warisan budaya bangsa.
Prosa fiksi dapat menstimuli imaginasi,dan merupakan sarana bagi pemindahan yang tak henti hentinya dari warisan budaya bangsa.
4.Prosa
memberikan keseimbangan wawasan
Lewat prosa seseorang dapat menilai kehidupoan berdasarkan pengalaman pengalaman dengan banyak individu.Fiksi juga memungkinkan lebih banyak kesempatan untuk memilih respon respon emosional atau rangsangan aksi yang sangat berbeda daripada apa yang disajikan dalam kehidupan sendiri.
Lewat prosa seseorang dapat menilai kehidupoan berdasarkan pengalaman pengalaman dengan banyak individu.Fiksi juga memungkinkan lebih banyak kesempatan untuk memilih respon respon emosional atau rangsangan aksi yang sangat berbeda daripada apa yang disajikan dalam kehidupan sendiri.
D.ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PUISI
Puisi termasuk Seni Sastra,sedangkan
sastra bagian dari kesenian,dan kesenian cabang/unsur dari kebudayaan.
ipenyair dalam membangun puisinya dengan menggunakan:
1.Figura bahasa,seperti gaya personifikasi,metafora,perbandingan,alegori,dsb sehingga menjadi puisi segar,hidup,menarik dan memberi kejelasan gambaran angan.
2.Kata kata yang menjadi ambiquitas yaitu kata kata yang bermakna ganda,banyak tafsir.
3.Kata kata yang berjiwa,yaitu kata kata yang sudah diberi suasana tertentu.
4.Kata kata yang konitatif
5.Pengulangan yang berfungsi untuk mengintenfisikan hal hal yang dilukiskan,sehingga lebih mengunggah hati
ipenyair dalam membangun puisinya dengan menggunakan:
1.Figura bahasa,seperti gaya personifikasi,metafora,perbandingan,alegori,dsb sehingga menjadi puisi segar,hidup,menarik dan memberi kejelasan gambaran angan.
2.Kata kata yang menjadi ambiquitas yaitu kata kata yang bermakna ganda,banyak tafsir.
3.Kata kata yang berjiwa,yaitu kata kata yang sudah diberi suasana tertentu.
4.Kata kata yang konitatif
5.Pengulangan yang berfungsi untuk mengintenfisikan hal hal yang dilukiskan,sehingga lebih mengunggah hati
Adapun alasan alasan yang mendasari
penyjian puisi pada perkuliahan ilmu budaya dasar adalah sbb:
1.Hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia
2.Puisi dan keisyafan/kesadaran individual
3.Puisi dan keinsyafan sosial.
1.Hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia
2.Puisi dan keisyafan/kesadaran individual
3.Puisi dan keinsyafan sosial.
SOAL:
1.Bagaimana
budaya seorang mahasiswa/i yang baik menurut kalian?
jawab: menurut saya budaya mahasiswa/i yang baik yaitu,mahasiswa/i yang mengikuti perkembangan zaman tetapi tidak melupakan budaya budaya di negeri indonesia.
jawab: menurut saya budaya mahasiswa/i yang baik yaitu,mahasiswa/i yang mengikuti perkembangan zaman tetapi tidak melupakan budaya budaya di negeri indonesia.
2.Bagaimana
seorang mahasiswa/i menanggapi datangnya budaya dari barat?
jawab: kalau saya pribadi sebagai seorang mahasiswi saya menerima menerima saja budaya dari barat,tetapi saya saring atau jika ada budaya dari barat yang negatif saya akan jauh jauh dari ke negatif an dan menerima yang berbau positif nya saja
jawab: kalau saya pribadi sebagai seorang mahasiswi saya menerima menerima saja budaya dari barat,tetapi saya saring atau jika ada budaya dari barat yang negatif saya akan jauh jauh dari ke negatif an dan menerima yang berbau positif nya saja
Komentar
Posting Komentar